Saturday, April 7, 2012

Cara Menghapus Jejak Log di Server Admin

Tahukah kamu yang biasa menggunakan internet disekolah, kampus, atau tempat kerja, jika page internet yang sudah kita buka akan tersave history page webnya di komputer user milik Server Admin sehingga sang admin bisa mencek web apa saja yang sudah kita kunjungi ? Apalagi jika pemakaian internetnya melebihi batas, seperti mendownload file-file berukuran jumbo, atau membuka situs porno,etc, maka sang admin biasanya pasti akan mencari tahu di historynya siapa user client atau komputer mana yang "bersalah". Biasanya setelah ketahuan "pelaku"nya oleh admin, maka akses internet dari sang user client akan dibatasi atau bahkan diblock agar tidak bisa terkoneksi lagi dengan internet. Bisa repot jadinya jika diblock kan...???

Lalu bagaimana caranya agar admin tidak tahu jika servernya sudah kita masuki...??? Ada berbagai macam cara untuk menghapus jejak log diserver admin. Untuk postingan kali ini, saya akan menjelaskan salah satu cara yang saya tahu untuk bisa menghapus jejak log diserver admin dengan menggunakan COMMAND PROMPT.


Untuk langkah pertama, buka command prompt :


Untuk menghilangkan diri dari perintah last (perintah yang memungkinan untuk melihat seluruh data user, baik yang Log In, Log Out, bahkan Remote), ketik dicommand prompt :
#echo >/var/log/wtmp
#echo >/var/log/lastlog

Lalu untuk menghapus data - data log yang lain ketik :
#echo >/var/log/messages
#echo >/var/log/secure
#echo >/var/log/maillog
#echo >/var/log/xferlog


Dan langkah terakhir untuk menghapus data history shell command, ketik :
#history -c

Setelah semuanya selesai, jangan ketik atau buka apa-apa lagi. Close command prompt nya, lalu langsung Log Off.

Bagaimana...???
Mudah kan...???
Demikian salah satu cara untuk Menghapus Jejak Log di Server Admin yang saya tahu. Semoga bermanfaat. Untuk cara lain, akan saya share lain kali ya...

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya y frenz...

Silakan kritik, saran, report broken link, atau request apapun boleh, asalkan sopan dan bukan Spam y...^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...